“Remastering”

Standar

Dalam bidang software remastering dapat diartikan sebagai sebuah proses pembungkusan ulang paket aplikasi pada sistem operasi dimana kita bisa menambah bahkan bisa juga mengurangi paket aplikasi yang disertakan. Bisa dikatakan bahwa remastering merupakan proses pembuatan sistem operasi baru dengan paket aplikasi yang berbeda dari sistem aslinya (default). Dengan remastering memungkinkan kita untuk menambah atau mengurangi paket aplikasi di sistem operasi yang ada dengan paket aplikasi yang baru.

Sebelumnya untuk memasang remastersys pada ubuntu 11.10 tambahkan secara manual alamat repository remastersys , dengan cara mengedit berkas  yang terletak pada/etc/apt/sources.list , untuk yang menggunakan unity dash Tekan Alt+F2 kemudian ketikan perintah.

Tekan Alt+F2 kemudian edit daftar repositori secara manual

Untuk yang menggunakan terminal bisa menjalankan perintah

Kemudian setelah berkas sources.list terbuka, tambahkan alamat dibawah ini pada baris paling akhir,

Setelah selesai, simpan perubahan yang telah dilakukan, dan tutup berkas sources.list,kemudian jalankan perintah dibawah ini, pastikan sistem telah terkoneksi keinternet untuk mengunduh berkas installer yang dibutuhkan

Setelah selesai memasang remastersys pada sistem, lanjutkan dengan menginstall frontend ubiquity, jika tidak terinstall live sistem yang telah selesai dibuat tidak akan menampilkan pintasan yang bisa digunakana untuk memasang sistem Ubuntu.

Karena disini Ubuntu yang saya gunakan menggunakan antarmuka standar (gnome) maka yang saya pasang adalah ubiquity-frontend-gtk untuk KUbuntu bisa menggunakanubiquity-frontend-kde.

Setelah semua proses pemasangan selesai,  remastersys telah siap digunakan pastikan sebelumnya terdapat ruang kosong didirektori /home/ , secara default remastersys menggunakan direktori /home/remastersys sebagai direktori kerja. Untuk membuat salinan sistem yang kita miliki lengkap dengan software tambahan yang telah terpasang tanpa mengikut sertakan berkas dan direktori personal (user) yang berada didirektori home yang digunakan, jalankan remastersys dist

Proses ini akan memakan waktu, jadi bisa ditinggal makan, membuat minuman atau tidur :O ,,, setelah semuanya selesai, hasil akhir dari remastersys bisa ditemukan pada direktori/home/remastersys/remastersys/customdist.iso (default path hasil/proses remastersys).

Ada baiknya sebelum membakar hasil dari proses remastersys, dicoba terlebih dahulu menggunakan virtual mesin, sebagai contoh disini saya menggunakan Kernel Based Virtual Machine (KVM).

Sebagai catatan untuk menghindari terjadinya busybox pada hasil akhir dari remastersys, hindari penggunaan custom kernel pada sistem dan gunakan selalu kernel standar dan updatenya dari repository resmi milik ubuntu, kecuali jika anda paham dengan resikonya

Demikian penjelasan singkat ini , semoga bermanfaat bagi Teman semua J

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s