Batik itu Menarik

Standar

Assalamualaikum wr. Wb

Selamat pagi semuanya. . .di hari rabu yang cerah ini, saya ingin membahas mengenai sesuatu yang baru. Bukan tetang kimia, bukan tentang kehidupan saya dan bukan tentang pengembangan wordpress. Kali ini saya akan membahas mengenai “Batik”. Yahhh. . .mungkin kita sudah sangat sering mendengar kata “Batik”. Namun apakah kita sudah pernah mencoba menari tahu mengenai sejarah batik dan ciri-ciri khas batik. Oleh karena itu, kali ini saya akan membahas lebih dalam mengenai suatu batik.

Batik adalah proses penulisan gambar atau ragam hias pada media apapun dengan menggunakan lilin batik (wax/ malam) sebagai alat perintang warna. Di indonesia ada banyak sekali macam-macam batik. Diantaranya ada batik solo, batik jogja, batik pekalongan dan masih banyak lagi batik lain. Pada pagi hari ini, saya ingin lebih membahas lebih dalam mengenai batik pekalongan.

Gambar

  1. Sejarah batik pekalongan secara singkat.

Batik di pekalongan sejarahnya hampir sama dengan batik solo ataupun batik jogja, yaitu batik yang berasal dari wilayah keraton. Lebih tepatnya pengertian batik pekalongan merupakan hasil dari orang-orang dari keraton mataram yang mengungsi ke pekalongan akibat perpecahan keraton mataram. Perpecahan tersebut disebabkan oleh belanda yang menjajah indonesia. Beberapa daerah di pekalongan penghasil batik yang berkembang pesat di daerah buara, wonopringgo, dan pekajangan. Pada awalnya proses pembuatan batik menggunakan cara manual yaitu dengan cara digambar atau ditulis menggunakan tangan dan menggunakan bahan pewarna alami yang berasal dari alam. Hal ini berlangsung sampai abad 20an. Seiring perkembangan jaman maka mulai dikenal batik cap yang menggunakan alat dan bahan kimia untuk membuat kain batik.

Ciri khas batik pekalongan.

Sebenarnya pola dan motif kain batik pekalongan hampir mirip dengan batik jogj dan batik solo, hal tersebut memang tidak terlepas dari asal-usul jaman dahulu berasal dari satu kerajaan yaitu mataram. Yang membedakan adalah ketika batik solo dan jogja dominan dengan warna putih dan coklat, beda halnya dengan batik pekalongan yang memaduka beberapa unsur warna dalam penyusunnya. Kombinasi beberapa warna di pekalongan menjadikannya batik yang kelihatan dinamis dan modern, hal inilah yang menyebabkan batik pekalongan cukup terkenal diantara batik-batik yang lain. Dan yang menadikan batik pekalongan unik adalah cara pembuatannya atau cara produksi, sejak jaman dahulu sampai sekarang proses pembuatan tidak berubah secara signifikan yaitu masih didominasi dibuat dirumah masing-masing penduduk sehingga tidak meninggalkan kesan nauralnya.

Wi’di present adalah salah satu tempat yang menjual berbagai macam barang olahan dari batik pekalongan. Misalnya sandal batik, dompet, batik, sarimbit batik dan masih banyak lagi produk olahan batik yag lain. Bagi kalian pencinta batik, silahkan kunjungi Fb kami bernama “Wi’di Present” untuk melihat-lihat koleksi plahan batik kami. Dijamin anda tidak akan menyesal bila membeli batik kami. Karena koleksi batik pekalongan kami memiliki kwalitas yang baik dengan harga yang lebih bisa dijangkau oleh semua lapisan masyarakat. Maksutnya lebih murah. Hehehe J

Sekian posting saya kali ini, semoga apa yang saya tulis ini dapat bermanfaat bagi kalian para pembaca dan jangan lupa silahkan kunjungi Fb kami atas nama “Wi’di Present”. Terimakasih. Wassalamualaikum wr. Wb. Semoga Allah selalu memberi kebahagian bagi kita, hambanya yang mau berusaha dan bersyukur. amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s