LEMBAR DISKUSI SISWA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA

Standar

assalamualaikum wr. wb

selamat berbuka puasa bagi kalian yang menjalankan ibadah puasa (^_^)

malam ini saya ingin berbagi ilmu mengenai lembar diskusi. seperti yang kita tau. untuk mengetahui tingkat keaktifan sebuah siswa di dalam kelas, guru biasanya mengdakan diskusi kelompok kemudian meminta kelompok tersebut memaparakan hasil diskusinya didepan kelas. nahhh pastinya guru membutuhkan adanya lembar diskusi siwa agar dapat membantu guru dalam melakukan penilaian. sebagai seorang calon guru, saya sudah mulai mempelajarinya di semester ini. saya mahasiswa semester 6 di salah satu universitas negri di kota semarang. berikut salah satu contoh lembar diskusi siswa yang telah saya buat. semoga bermanfaat bagi kalian, para pengunjung wordpress saya. terimakasih (^_^)

LEMBAR DISKUSI SISWA

MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA

Mata Pelajaran                       : Kimia

Kelas / Semester                 : X/1

Tempat                                   : Kelas

Standar kompetensi                : Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia

Kompetensi Dasar                   : Membuktikan dan mengkomunikasikan berlakunya hukum-hukum dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia

Indikator                                 :

Pertemuan 2 :

–     Menganalisis data percobaan pada senyawa untuk membuktikan berlakunya hukum kelipatan perbandingan atau hokum Dalton

–     Menggunakan data percobaan untuk membuktikan perbandingan volum Gay Lussac

–     Menggunakan data percobaan untuk membuktikan hukum Avogadro

KELOMPOK                                :

ANGGOTA KELOMPOK                  : 1.

2.

3.

Soal Diskusi

1.      Bagaimana bunyi hukum kekekalan massa?

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

2.       Pada pembakaran 2,4 gram magnesium di udara, dihasilkan 4 gram oksida magnesium. Berapa gram oksigen yang terpakai dalam reaksi?

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

3.      Bagaimana bunyi hukum perbandingan tetap?

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

4.       Dari hasil analisis sampel alumunium oksida yang diperoleh dari 3 daerah berbeda, diperoleh data sebagai berikut. Sampel I mengandung 52,9% alumunium, sedangakan sampel 2 mengandung 0,967 gram alumunium dalam 1,828 gram senyawa itu. Adapun sampel ketiga, sebanyak 1,424 gram alumunium bereaksi dengan 1,267 gram oksigen. Apakah data ini mendukung hukum perbandingan tetap?

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

5.      Bagaimana bunyi hukumkelipatan berganda?

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

6.       Nitrogen dan oksigen membentuk berbagai macam senyawa. Tiga diantaranya mengandung nitrogen masing-masing 25,93%, 30,43% dan 36,84%. Tunjukkan bahwa ketiga senyawa itu memenuhi hukum dalton?

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

7.      Bagaimana bunyi hukumGay-Lussac?

………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………

8.     Dua peneliti secara terpisah mempelajari reaksi penguraian dinitrogen pentaoksida menjadi nitrogen dioksida dan oksigen. Peneliti pertama menemukan bahwa peruraian 50 mL (1000C, 1 atm) dinitrogen pentaoksida menghasilkan 100 mL (1000C, 1 atm) nitrogen dioksida dan 25 mL (1000C, 1 atm) oksigen. Peneliti kedua menemukan bahwa peruraian 30 mL (2000C, 2 atm) nitogen tetraoksida menghasilkan 60 mL (2000C, 2 atm) nitrogen dioksida dan 15 mL (2000C, 2 atm) oksigen. Apakah hasil percobaan tersebut memenuhi hukum perbandingan volum?

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

9.      Bagaimana bunyi hipotesis avogadro?

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

10.     Pada penguraian sempurna 10 mL (T, P) suatu oksida nitrogen (NxOy) yang berupa gas dihasilkan 20 mL (T, P) nitrogen dioksida dan 5 mL (T, P) oksigen. Tentukanlah rumus molekul oksida nitrogen tersebut

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………….

KESIMPULAN

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s