“Kultum Tentang Waktu”

Standar

demi masa

Assalamualaikum wr. wb

Selamat siang, semoga kita senantiasa dalam lindungan ALLAH SWT. Aamiin๐Ÿ™‚

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi mengenai kegiatan yang akan saya lakukan besok, sabtu 5 September 2015. Sabtu pagi, akan menjadi moment bersejarah dalam hidup saya, untuk pertama kalinya saya akan Kultum (Kuliah 7 Menit) di depan Kepala sekolah, beserta jajarannya dan para guru ditempat saya bekerja. Besok saya akan membahas mengenai waktu. Waktu adalah sesuatu yang amat sangat penting bagi kita, karena setiap detik, waktu terus bergulir meninggalkan kita. Semoga kita adalah orang-orang yang dapat memanfaatkan waktu dengan baik dan senantiasa berada di jalan Allah SWT. Aamiin

Berikut teks Kultum yang Insyaalah akan saya bawakan esok pagi, semoga Allah masih memberikan saya kesempatan hidup esok pagi. . .๐Ÿ™‚ aamiin

PENTINGNYA WAKTU DALAM KEHIDUPAN

Kaum muslimin yang dirahmati Allah…

Waktu sangatlah penting dalam kehidupan kita sehari-hari, karena waktu yang telah berlalu tidak akan pernah kembali lagi. Marilah kita manfaatkan waktu yang ada pada saat ini dengan sebaik-baiknya. Sebagaimana sabda Nabi yang artinya :

โ€œBeramallah kamu untuk duniamu seolah-olah kamu akan hidup selama-lamanya, dan beramallah kamu untuk akhiratmu seolah-olah kamu akan mati besok.โ€ (H.R. Baihaqi )

Waktu sangat banyak manfaatnya dalam kehidupan kita sehari-hari, sebagaimana Allah telah berfirman dalam Surah Al-Ashr ayat 1-3 :

ูˆูŽุงู„ู’ุนูŽุตู’ุฑู (ูก)ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ุฅู†ู’ุณูŽุงู†ูŽ ู„ูŽูููŠ ุฎูุณู’ุฑู (ูข)ุฅูู„ุง ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุง ูˆูŽุนูŽู…ูู„ููˆุง ุงู„ุตู‘ูŽุงู„ูุญูŽุงุชู ูˆูŽุชูŽูˆูŽุงุตูŽูˆู’ุง ุจูุงู„ู’ุญูŽู‚ูู‘ ูˆูŽุชูŽูˆูŽุงุตูŽูˆู’ุง ุจูุงู„ุตู‘ูŽุจู’ุฑู (ูฃ)
Artinya :

โ€œDemi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

 

Kaum muslimin yang berbahagia….

Allah telah bersumpah demi masa, demi waktu, demi zaman bahwa manusia itu berada dalam kerugian. Ada 4 orang yang tak akan merugi, yaitu :

  1. Orang-orang yang beriman

Yaitu orang yang meyakini dalam hatinya bahwa Allah itu ada, mengucapkan kalimat Allah dengan lisannya dan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

  1. Orang-orang yang beramal sholeh

Amal sholeh tidak hanya beribadah secara ritual saja, namun tolong menolong sesama manusia saja termasuk amal sholeh. Kita hidup di dunia ini hanya untuk beribadah kepada Allah dan untuk mencapai kebahagiaan kita di dunia dan di akhirat.

  1. Orang-orang yang menasehati dalam kebenaran

Apabila kita menyampaikan nasehat/dakwah hendaknya didasarkan dengan kebenaran yang sesuai dengan tuntunan Al-Quran dan Hadits. Sebab, apabila kita menyampaikan nasehat/dakwah tanpa ada dalil dari Al-Quran dan Hadits maka orang lain tidak akan mempercayai nasehat yang kita sampaikan.

  1. Orang-orang yang menasehati dalam kesabaran

Apabila orang lain tidak mau menerima nasehat kita, sebaiknya kita harus bersabar dalam menghadapinya, supaya orang lain tidak menganggap kita memaksanya untuk menerima nasehat tersebut.

Jadi, marilah kita memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya agar kita dapat mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

Wassalamualaikum wr. wb

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s